Bersinergi dengan Combine, Diskominfo Atur Strategi Pemanfaatan Sistem Informasi Desa (SID) Bagi Desa di Kabupaten Bantul.

Pemanfaatan  Sistem Informasi Desa (SID) di Kabupaten Bantul yang sudah berjalan sejak 2014 masih belum optimal. Hal ini terlihat dari perkembangan website desa dimana dari 75 desa sekitar 12 desa yang sudah aktif mengupdate konten dan menggunakan SID. Guna mendorong pemanfaatan SID untuk seluruh desa di Bantul, Diskominfo dan Combine bersinergi untuk mengatur strategi yang optimal.

“Guna mensukseskan pemanfaatan SID memang perlu sinergi dari berbagai pihak di Pemkab. Bantul dan combine. Perlu juga disusun produk hukum sebagai koridor atau aturan main, ” jelas Elanto Wijoyono, Combine. Tentunya peran berbagai pihak masih terbuka seperti Mahasiswa, relawan tik dalam mendukung program ini. Kesuksesan beberapa desa dalam pemanfaatan SID seperti Dlingo dan Murtigading tentu saja bisa menjadi acuan bagi Pemkab. Bantul.

Selanjutnya, Kepala Diskominfo bersama Combine, Kepala Seksi Pengembangan Aplikasi meninjau langsung pemanfaatan SID di Desa Murtigading. Desa Murtigading sendiri menjadi pilot project SID versi terbaru dengan pengembangan untuk pelayanan. Murtigading sukses memanfaatkan SID dengan membangun relawan SID dari tiap dusun (admin).

Tinggalkan Balasan