Community Day INIXINDO Jogja : Mempersiapkan Dinas KOMINFO sebagai Leding Sektor Penerapan E-Government

Inixindo Jogja kembali menggelar Community Day yang mengundang Dinas Kominfo Se-Jateng dan DIY. Community Day kali ini mengambil tema ” Mempersiapkan Dinas KOMINFO sebagai Leding Sektor Penerapan E-Government”. Tema ini dipilih sebagai sarana diskusi antar Dinas Kominfo yang terbentuk sejak ditetapkannya UU No 23 Tahun 2014. Acara yang berlangsung di Kantor Inixindo Jogja, Kamis (23/4) dan dihadiri perwakilan dari Dinas Kominfo dari Jateng dan DIY diantaranya dari Kebumen, Temanggung, Jepara, Boyolali dan Kulon Progo.

Narasumber dari Inixindo, menyampaikan beberapa poin terkait isu-isu e-Government baik di Indonesia maupun di dunia. Kondisi e-Gov di Indonesia masih kalah jauh dengan tetangga di Asean dimana Indonesia masih menduduki peringkat tujuh di level Asean. Guna mewujudkan e-government tentu saja pemeintah Kabupaten / Kota harus menyiapkan SDM, teknologi dan tentu saja regulasi dan SOP yang mendukung.

Kabupaten/Kota yang hadir dalam acara ini menyampaikan berbagai permasalahan terkait pembangunan e-Gov di daerahnya masing-masing. rata-rata permasalahan yang dihadapi hampir sama yaitu keterbatasan SDM  sulitnya memperoleh anggaran yang memadai. Biaya pembangunan TI yang terbilang mahal dampaknya tidak terlihat secara langsung sehingga sering tidak disetujui pimpinan daerah.

Tinggalkan Balasan