Bersama BAPPEDA Diskominfo Belajar Penerapan Sistem Informasi Desa ke Gunungkidul.

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) bersama BAPPEDA, berkunjung ke Gunungkidul guna belajar pemanfaatan Sistem Informasi Desa (SID), Selasa (1/8). Keberhasilan Gunungkidul memanfaatkan SID bagi 144 Desa yang sekaligus dimanfaatkan untuk pengolahan data kemiskinan.

“Kabupaten Bantul sudah mendorong desa untuk memanfaatkan SID sejak 2009, namun hingga saat ini baru dua desa yang memanfaatkan secara maksimal. Untuk itu, Diskominfo bersama BAPPEDA ingin belajar langkah-langkah Gunungkidul dalam pemanfaatan SID, ” jelas Meyta, Kabid. E-Goverment dan Persandian, Diskominfo Bantul.

BAPPEDA Gunungkidul yang diwakili, Priyanta Madya Satmaka, SKM, MKes menyampaikan ” SID di Kabupaten Gunungkidul kami bilang belum berhasil namun berjalan. Posisi BAPPEDA yang cukup strategis menjadi salah satu keberhasilan mengawal SID. Selain itu, Desa bisa merasakan langsung manfaat SID baik untuk pelayanan maupun untuk pengolahan data kemiskinan.

Kepala Bidang Persandian dan Statistik, Diskominfo Gunugkidul, Joko Hardiyanto, SP, MEng menambahkan “Data kemiskinan di dalam SID bisa langsung dimanfaatkan untuk evaluasi dan perencaanan, dan kedepannya kami berharap tidak hanya data kemiskinan namun data-data sektoral lainnya yang berbasis di Desa,”. Dengan SID, Desa sebagai sumber data bisa mewujudkan integrasi dari Desa ke Kabupaten. ” beberapa OPD yanng masih melakukan pendataan secara manual seperti Sosial, Dinas Koperasi dan UKM serta Dinas Kesehatan akan kita dorong memanfaatkan SID,” tambahnya.

Turut hadir dalam kunjungan ini Combine Resources Instituion, LSM pengembang Sistem Informasi Desa.

One thought on “Bersama BAPPEDA Diskominfo Belajar Penerapan Sistem Informasi Desa ke Gunungkidul.

Tinggalkan Balasan