Dinas KOMINFO Bantul Menerima Kunjungan dari DPRD Kota Cirebon


DISKOMINFO - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menerima tamu kunjungan dari DPRD Cirebon, Jawa Barat yang berjumlah 18 orang pada hari Jum’at (12/7) kemarin. Bertempat di Gedung Induk Lantai 3 Bantul, kunjungan diterima oleh Sekretaris Diskominfo Ibu Dian Mutiara, SH, MM.

Kunjungan DPRD Cirebon ini dimaksudkan sebagai studi banding untuk mempelajari implementasi penerangan jalan umum (PJU) dan rencana smartcity di Bantul yang akan diadopsi oleh Pemerintah Cirebon. Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh beberapa pejabat dari Dinas Perhubungan Bantul.

Implementasi penerangan jalan umum PJU di Bantul disampaikan oleh Bapak Agung dari Dinas Perhubungan. Menurut Bapak Agung, “Kab. Bantul sendiri telah memiliki dasar hukum PJU yaitu Perbup Nomor 67 Tahun 2018 sehingga PJU di Bantul berjalan dengan baik. Untuk implementasi PJU, banyak pihak yang dilibatkan diantaranya PLN sebagai penyedia sumber listrik, Dinas Perhubungan sebagai penyedia infrastruktur dan pemeliharaan”.

Selain masalah PJU, disampaikan juga rencana smartcity yang akan diterapkan di Bantul. “Dimulai dari tahun 2018, melalui beberapa kali BIMTEK terciptalah dokumen masterplan yang memuat proses dan rencana aksi smartcity di Kab. Bantul. Selain itu ada 55 inovasi atau terobosan yang dimiliki Kab. Bantul untuk mewujudkan smartcity seperti aplikasi digital pelayanan kesehatan yang memudahkan pasien mendapat rujukan melalui HP, lalu ada E-Lapor Bantul sebagai wadah aduan masyarakat. Dari 55 inovasi itu ada beberapa yang tidak terkait dengan IT misalnya jejaring pengelolaan sampah mandiri,” jelas Ida Sekarsari.



FORM KOMENTAR





DAFTAR KOMENTAR (0)