Diskominfo Galang Komitmen Memberdayakan KIM


BANTUL, DISKOMINFO – “Tugas KIM adalah menyebarluaskan informasi kepada masyarakat. KIM bisa menjadi kepanjangan tangan pemerintah untuk menyebarluaskan informasi dan diharapkan bisa menjadi mitra OPD,” demikian disampaikan Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Arif Darmawan, SSTP dalam rapat koordinasi Tim Pembina Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Bantul, di Ruang Kepala Dinas Kominfo, Selasa (4/2).

Peserta yang diundang adalah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pembina KIM antara lain : Bappeda, Dinas Perdagangan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah dan Perindustrian, Dinas Pertanian, pangan, Kelautan dan Perikanan, Dinas Sosial, pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas kebudayaan, Dinas pariwisata, Dinas Kesehatan, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga berencana dan pemberdayaan masyarakat Desa dan Bagian Hukum.

Maksud diadakannya diadakanya rapat koordinasi ini adalah agar ada satu visi untuk mengembangkan KIM ini ke depan. Yang sudah dilakukan oleh Dinas Kominfo antara lain :

  • Penyediaan akses informasi bagi KIM melalui website bantulkab.go.id maupun media sosial milik Pemerintah Kabupaten Bantul (face book, twitter, istagram).
  • Penyediaan sub domain bagi KIM untuk menyebarluaskan informasi.
  • Menyediakan ruang KIM Milenial yang dilengkapi dengan wifi publik.
  • Mengkoordinir pemberdayaan KIM bersama OPD teknis sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing.

Tanggapan dari Dinas Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan menyampaikan bahwa kegiatan untuk masyarakat sudah dibatasi peruntukannya, yaitu untuk Gapoktan, P3A, kelompok Wanita Tani, dan Kelompok Ternak yang sudah terdaftar. Yang bisa difasilitasi harus melalui kelompok-kelompok tersebut. Kalau sebatas penyuluhan di masing-masing kecamatan sudah ada Balai Penyuluhan dan Kelompok Penyuluh Swadaya dari masyarakat.

Dinas Kesehatan menyampaian bahwa untuk fasilitas informasi melalui website dan media sosial. Untuk sosialisasi sudah dilakukan melalui Posyandu Balita dan Posyandu Lansia. Sementara itu Dinas Pariwisata menyampaikan bahwa sudah terbentuk Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis lebih dari 60 dan desa wisata lebih dari 40. Informasi sudah disampaikan melalui website dan sosial media serta aplikasi Jelajah Bantul. Kelompok KIM diharapkan masuk menjadi binaan masing-masing OPD. Bappeda diharapkan sebagai koordinator, ada program untuk memberdayakan KIM. “Mohon dukungan OPD teknis. Kita galang komitmen yang sama untuk memberdayakan KIM sesuai Tupoksi masing-masing,” jelas Arif.(sri)









FORM KOMENTAR





DAFTAR KOMENTAR (0)