Pendampingan Pengelolaan Konten Website BPBD


Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul diundang oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul untuk melakukan pendampingan pengelolaan website dan fotografi di Ruang Rapat BPBD Lantai II Kamis (18/6/2020).  Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari masing-masing seksi.

Kasubbag Umum dan Kepegawaian Ninik Slamet Rahayu dalam sambutannya menyampaikan merasa perlu mengadakan pembinaan bagi jajaran pegawai BBPD untuk bisa mengetahui cara pengelolaan website agar tidak bertumpu pada satu admin. Harapannya dengan banyak yang bisa dan terlibat dalam pengelolaanya, tampilan website bisa selalu update.

Materi pengelolaan website diawali dengan pemaparan cara menulis berita yang baik dan benar oleh Rachmanto, S. ST, salah satu penulis dan peliput di Dinas Kominfo. Menulis berita itu yang terpenting memenuhi unsur 5W + 1H, yakni What (apa), Where (di mana), When (kapan), Who (siapa), Why (mengapa) dan How (bagaimana). Menulis di media sosial tidak perlu panjang lebar, lebih baik di tampilkan foto yang menarik. Bisa lebih dari satu foto. Satu foto yang bagus bisa mengungkapkan berjuta makna. Diawal-awal penulisan mungkin akan mengalami kesulitan, tapi lama-lama akan terbiasa. Untuk luwes dalam penulisan memang butuh proses.

Selanjutnya untuk materi web PPID disampaikan oleh Sri Mulyani, SE Kasi Pemberdayaan dan Kemitraan. Disampaikan bahwa web BPBD dalam segi tampilan sudah bagus dan menarik. Sub-sub menu juga sudah ada. Jadi permasalahannya hanya kurang update saja khususnya di informasi serta merta karena saat ini sedang terjadi wabah Corona. Hal pokok yang belum ditampilkan adalah struktur organisasi yang berupa bagan dan dilengkapi foto agar lebih menarik dan informatif.



FORM KOMENTAR





DAFTAR KOMENTAR (0)