Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Satu Data Indonesia Kabupaten Bantul


Dinas Komunikasi dan Informatika melaporkan penyelenggaraan Satu Data Indonesia kepada Sekretaris Daerah di Ruang Rapat Sekda pada Kamis, 18 Juni 2020. Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Asisten Pemerintahan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Sumber Daya dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala BPS dan perwakilan dari BAPPEDA, DPTR dan Bagian Hukum.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Ir. Fenty Yusdayati, MT menjelaskan bahwa data akan tersambung dan terintegrasi dari seluruh sumber data pemda. Harapannya pengampu lebijakan mampu  mengambil kebijakan yang tepat dan cepat berbasis data melalui kecerdasan buatan dan machine learning. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka diperlukan pemenuhan atas data pemerintah yang akurat, mutakhir, terpadu, terintegrasi, mudah diakses dan dapat dibagipakaikan kembali oleh pengguna data.

Pada tanggal 15-20 Mei 2020, pemeriksaan data telah dilaksanakan oleh walidata tingkat kabupaten melalui rapat verifikasi publikasi data ke perangkat daerah secara virtual dan menghasilkan Berita Acara Publikasi Data. Berita Acara Publikasi Data yang telah ditandatangani sebanyak 37 berita acara. Data yang telah dipublikasikan sejumlah 258 kumpulan data (dataset) dan 449 data (resources), sedangkan sejumlah 9 kumpulan data (dataset) dan 9 data (resources) tidak dipublikasikan karena berstatus privat atas permintaan produsen data. Data yang dinyatakan tidak sesuai dapat dilakukan perbaikan oleh produsen data (perangkat daerah) dan disampaikan kepada walidata kabupaten untuk dilakukan pemeriksaan data pada bulan berikutnya.



FORM KOMENTAR





DAFTAR KOMENTAR (0)