Kelompok Informasi Masyarakat "Grandis" Tampil di RBTV


Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul bekerjasama dengan RB TV memberikan kesempatan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) “Grandis” yang beralamat di Dusun Mojolegi, Desa Karangtengah, Kecamatan Imogiri untuk tampil di acara Leyeh-leyeh. Pengambilan gambar dilakukan pada hari Rabu (29/7).

Acara Leyeh-Leyeh difokuskan untuk mengenalkan aktivitas ekonomi kelompok masyarakat. KIM Grandis memiliki aktivitas ekonomi yang beragam mulai dari kerajinan, pertanian, peternakan dan pengolahan hasil pertanian sehingga layak untuk ditampilkan agar bisa memotivasi masyarakat lainnya.  Hasil kerajinan yang terkenal adalah batik tulis. Disektor pertanian usaha yang dilakukan berhasil melakukan penghijauan lahan gundul dengan penanaman pohon jambu mete seluas kurang lebih 50 hektar yang merupakan sultan ground yang kini dikenal dengan sebutan “Bukit Hijau”. Mereka juga memiliki kelompok ternak sapi, bahkan baru saja mendapatkan bantuan 5 ekor sapi dari pemerintah pusat.

Aneka olahan hasil pertanian juga diproduksi oleh Ibu-Ibu anggota KIM antara lain : kacang mete, rempeyek, tempe kripik dan aneka minuman kemasan. Ketua KIM Jazimah menyampaikan bahwa pengurus tidak hanya sekedar menyampaikan informasi tapi juga memfasilitasi kelompok yang punya usaha untuk memperoleh ijin Produk Industri Rumah Tangga (PIRT), ijin halal atau diikutkan dalam pelatihan-pelatihan. Sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini pemasaran juga sudah dilakukan melalui on line yang dikelola oleh petugas admin yang ditunjuk oleh kelompok. (sri)



FORM KOMENTAR





DAFTAR KOMENTAR (0)