Sosialisasi Implementasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya


Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul  mengadakan Sosialisasi Implementasi Sistem Informasi Desa (SID) berdaya, Jumat (9/10/2020). Sosialisasi dilaksanakan secara daring dengan mengundang 75 perwakilan desa di Kabupaten Bantul dan OPD terkait.

Tujuan penyelenggaraan sosialisasi ini untuk menjelaskan tata kelola penerapan SID berdaya serta menggali informasi dan aspirasi dari seluruh stakeholder guna merumuskan peta jalan SID berdaya. Dengan SID, diharapkan dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik pada level desa. Pemerintah Kabupaten Bantul sendiri telah mengimplementasikan SID sejak tahun 2015, dengan diawali oleh 12 desa, kemudian terus mengalami peningkatan hingga dari 75 desa yang ada di Kabupaten Bantul hampir semuanya sudah menggunakan SID.

Pengembangan SID di Kabupaten Bantul berdasarkan mandat peraturan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa kepada Pemerintah Kabupaten/Kota. Pengembangan ini diharapkan  mampu memudahkan  pelayanan kepada mayarakat sekaligus menambah akurasi data yang berguna sebagai dasar pengambilan keputusan di tingkat Kabupaten. Sebagai salah satu wujud komitmen penerapan SID, Pemerintah Kabupaten Bantul menerbitkan Peraturan Bupati Nomor 48 Tahun 2019 tentang Tata Kelola Sistem Informasi Desa Kabupaten Bantul.

Pada tahun kelima penerapannya sekarang ini, Pemerintah Kabupaten Bantul berencana mensosialisasikan SID dengan wajah baru yaitu SID Berdaya dimana telah dilakukan beberapa perbaikan dari sisi sistem. Sosialisasi SID Berdaya tersebut diharapkan dapat menjadi sarana Pemerintah Kabupaten Bantul dalam menggali informasi dan aspirasi dari Pemerintah Desa guna merumuskan Peta Jalan yang merupakan panduan arah (guidline) tentang penerapan SID serta keberlanjutannya di masa mendatang. Peta jalan merupakan syarat dasar yang harus disusun serta menjadi bagian tak terpisahkan dari regulasi mengenai SID. Selanjutnya, SID dirancang untuk menjawab tantangan integrasi antar sistem dan berbagipakai (interoperabilitas) data antar sektor di Kabupaten Bantul.

 

 



FORM KOMENTAR





DAFTAR KOMENTAR (0)