Kunjungan ke KIM Imogiri Mulyo


“Imogiri adalah merupakan pintu gerbang budaya karena ada makam raja-raja. Sehingga banyak potensi yang bisa dikembangkan. Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai pejuang informasi yang ada di desa diharapkan bisa mengedukasi masyarakat dan mempromosikan potensi yang dimiliki”. Demikian disampaikan Pj. Lurah Imogiri Sunarto, S. Sos, dalam pertemuan KIM Imogiri Mulyo yang dihadiri oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Bantul di Balai Desa Imogiri Rabu (18/11/2020).

 

Arif Darmawan, SSTP Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik menjelaskan maksud kunjungan ke KIM Imogiri Mulyo adalah ingin mendalami satu persatu seperti apa kondisi di lapangan. Apa yang menjadi keinginan dan apa yang bisa dikerjasamakan. Intinya KIM punya beberapa tugas :

1. Menyampaikan informasi yang berasal dari luar, diolah oleh KIM kemudian disampaikan kepada masyarakat. Bagaimana menangani hoax. Harus jeli dicari sumbernya dulu, valid atau tidak. Sekarang banyak issu dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Orang dengan mudah mengupload suatu berita. Peran KIM yang sangat menantang adalah bagaimana memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang hoax ini.

2. Menyampaikan informasi potensi yang dimiliki di desa atau lingkungan sekitar untuk dipublish kepada masyarakat luar melalui media sosial.

3. Mengelola fasilitas publik yang terkait dengan komunikasi. Bagaimana wifi publik digunakan sebagaimana mestinya. Dunia internet ibaratnya mata pisau. Bisa dipakai untuk hal-hal yang positif, bisa juga negatif.

“Kami harap semua KIM punya media sosial, agar KIM bisa bergerak secara ofline juga online. Jadi ada 2 (dua) metode. Karang Taruna bisa membantu untuk mengelola media sosial ini. Kekuatan media sosial sudah semakin nyata. Yang terpenting bagaimana KIM ini berperan membantu menyebarkan potensi yang dikelola oleh masyarakat kepada dunia luar”, jelas Arif.

 

Selanjutnya Kepala Seksi Pemberdayaan dan Kemitraan Sri Mulyani, SE meminta anggota KIM untuk menyampaikan potensi yang ada di Desa Imogiri. Ketua KIM Imogiri Mulyo H. Subardi, SPKP menyampaikan beberapa potensi yang dimiliki antara lain : industri rumah tangga jamu godhogan, wedang uwuh, minuman jahe kemasan, bantal guling dari kapuk asli dan souvenir manten. Dibidang kesenian ada thek-thek bambu” Laras Bumbung Sekar Madu”, macapat, keroncong dan kethoprak Muda “Cahya Muda Budaya”. Potensi yang banyak ini sayang bila tidak dipublish. Dinas Kominfo akan membantu memfasilitasi lewat media yang dimiliki. (sri)

 



FORM KOMENTAR





DAFTAR KOMENTAR (0)