Diskominfo Bantul Gelar Workshop Pemanfaatan Wifi Publik Kelompok Informasi Masyarakat



Guna meningkatkan peran aktif Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai mitra pemerintah dalam penyebarluasan informasi yang positif kepada masyarakat, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul menggelar Workshop Pemanfaatan Wifi Publik KIM.

Menurut Kepala Seksi Pemberdayaan dan Kemitraan Sri Mulyani, S.E., kegiatan workshop ini dilaksanakan di Burza Hotel Yogyakarta, diikuti 40 orang dari 8 anggota KIM yang baru terbentuk. Kamis (3/12/2020).

Selain meningkatkan peran aktif KIM sebagai penyebar informasi, workshop ini bertujuan untuk mengembangkan perekonomian warga berbasis digital dan pemanfaatan media sosial seperti Facebook, Youtube, Instagram dan Tweetter untuk media mengenalkan potensi daerah.

“ Pemberdayaan KIM, sangat penting dilakukan karena sebagai mitra pemerintah dalam menyebarluaskan informasi publik, dengan fasilitasi Wifi Publik diharapkan dapat dimanfaatkan secara optimal dan bijaksana untuk mencari informasi, pengetahuan, dan ketrampilan yang bermanfaat, “ kata Sri Mulyani.

Mewakili Kepala Diskominfo, Kabid. Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Arif Darmawan, S.S.T.P., pada kesempatan itu menyampaikan 3 peran KIM yakni : 1). Menyampaikan informasi dari luar yang bermanfaat kepada masyarakat di masaing-masing wilayahnya, 2). Menyebarkan informasi potensi lokal yang ada di masing-masing wilayah kepada masyarakat luar, dan 3). Mengelola sarana publikasi agar bisa bermanfaat secara luas bagi masyarakat.

Adapun sumber informasi utama bagi KIM di Bantul, bisa mengambil media publikasi Pemerintah Kabupaten Bantul seperti laman www.bantulkab.go.id, Facebook Pemkab Bantul, Instagram Pemkab Bantul, Tweeter Pemkab Bantul dan Channel Youtube Bantul TV.

“ Pemkab Bantul di Tahun 2020 ini, telah membangun 16 Wifi Publik 8 diantaranya ditempatkan di Kelompok Informasi Masyarakat Milenial, di masa mendatang tentunya akan kami tambah di lokasi yang lain, “ ucap Arif Darmawan.

Workshop ini menghadirkan 3 (tiga) narasumber yakni : 1. Sigit Nursyam Priyanto, S.Si., (Anggota DPRD Kabupaten Bantul), 2. Ahmad Riyadi (Kepala Biro TIMES Indonesia Regional Yogyakarta), dan 3. Anom Adi Nugroho (Owner PT ABI) ketiga narasumber memberikan materi terkait kebijakan pemerintah, Citizen Journalism, dan Pengembangan ekonomi berbasis digital.

Usai pemaparan dilanjutkan sesi tanya jawab dan dilanjutkan dengan rencana tindak lanjut kegiatan Kelompok Informasi Masyarakat seperti pembuatan akun media sosial dan pendalaman materi workshop yang akan dilakukan pada waktu dekat.

 

 

 

 



FORM KOMENTAR





DAFTAR KOMENTAR (0)