Sosialisasi Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021



Komisi Informasi Daerah, Daerah Istimewa Yogyakarta (KID DIY) menyelenggarakan Sosialisasi Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021 di Gedung Radyo Suyoso, Komplek Kepatihan, Danurejan, Yogyakarta Kamis (22/4/2021). Acara dipimpin oleh Ketua KID DIY didampingi oleh seluruh jajaran Komisioner KID DIY. Peserta yang diundang terdiri dari PPID Utama Pemda DIY dan seluruh Kabupaten/Kota, Instansi Vertikal, Partai Politik, Bawaslu, KPU, Polda, dan Korem.

Ketua Komisioner KID DIY H. Moh Hasyim dalam sambutannya menyampaikan bahwa Badan Publik di DIY banyak yang yang belum informatif. “Sebagian besar masih berada di level bawah menuju informatif atau nilai di bawah 80. Hal ini cukup memprihatinkan sehingga seawal mungkin mengadakan sosialisasi agar hasil monev 2021 lebih baik lagi”, kata Hasyim.

Sri Surani, S.P. Koordinator Bidang Advokasi, Edukasi dan Sosialisasi selaku Ketua Pelaksanaan Monev 2021 menjelaskan bahwa tahun 2020 Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta telah mendapatkan predikat informatif, sehingga harus menjadi potret sama di seluruh Badan Publik di DIY, agar PPID Utama di Kabupaten/Kota perbedaannya tidak terlalu jauh. “Yang paling penting memiliki resposibilitas, cepat terhadap permohonan informasi dari masyarakat dan bisa meningkatkan kualitas pelayanan”, tegas Rani.

Dijelaskan juga bahwa di tahun 2020 tahapan Uji Akses adalah nilai yang sangat menjatuhkan bagi banyak badan publik. Pertanyaan yang dikirim lewat e-mail responnya ada yang bagus, tapi banyak yang tidak bagus. Alasannya tidak setiap hari petugas mengecek e-mail. Untuk Monev tahun 2021 Badan Publik yang akan divisitasi minimal mendapatkan nilai 90 atau informatif disetiap cluster. Tahapan visitasi ini dilakukan dengan datang langsung, melihat proses dan kondisi pelayanan di badan publik tersebut. Monev akan dilakukan menggunakan Portal e-Monev.

Jadwal Monev 2021 sebagai berikut :

  1. Persiapan: Bulan Maret - Mei
    Pembentukan Tim Monev, Sosialisasi
  2. Pelaksanaan: Bulan Juni – September
    Tahapan SAQ, Uji Web, Uji Akses, Visitasi, Penganugerahan
  3. Evaluasi: Oktober
    Evaluasi Monev

Diharapkan PPID Utama bisa menyampaikan hasil sosialisasi kepada PPID Pembantu di wilayahnya dan KID siap hadir memberikan pengarahan bila dibutuhkan. (sri)



FORM KOMENTAR





DAFTAR KOMENTAR (0)