Menjadi Percontohan, Kabupaten Bantul Gelar Bimtek dan Evaluasi Smart City



Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas Komunikasi dan Informatika mengelar Bimbingan Teknis dan Evaluasi Lapangan Smart City Kabupaten Bantul di Ruang Rapat Sekretaris Daerah dan Ruang Command Center Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul secara virtual melalui zoom meeting pada Rabu (9/6/2021).

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekda, Asisten Bidang Sumberdaya dan Kesejahteraan, Dinas Kominfo, Dewan Smart City, Tim Pelaksana Teknis Smart City, perwakilan OPD se-Kabupaten Bantul, Kapanewon se-Kabupaten Bantul serta pengguna layanan pada 6 dimensi Smart City dengan menghadirkan Tim Ahli dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Dr. Wikan Danar Sunindyo S.T., M.Sc. selaku pendamping sekaligus pembimbing pelaksanaan Bimtek Smart City Kabupaten Bantul.

Menurut laporan penyelenggara Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bantul, Ir. Fenty Yusdayati, MT. beliau menuturkan " Bahwa penyelenggaraan bimtek tinjauan lapangan Smart City sudah sampai ke tahap implementasi lapangan", penilaian bimtek selama dua hari ini yang dimulai sore ini dengan runtutan acara yang beliau tuturkan secara rinci kepada seluruh dewan tim Smart City, perwakilan kalurahan, operator TIK di seluruh kalurahan, dan seluruh pihak yang terkait. Sosialisasi dan tinjauan lapangan sore ini diadakan pada dua dimensi smart city yaitu smart branding belajar Bantul dan smart ekonomi pasar desa id di Kampung Mataraman, sedangkan untuk agenda esok harinya yaitu sosialisasi dan tinjauan pada Smart Government, Smart Environment, Smart Living, terakhir Smart Society yang dilaksanakan pada lokasi yang sudah di tentukan.

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul, Drs. Helmi Jamharis, MM menyampaikan " Sudah sepatutnya kita bersyukur kepada Allah dengan cara melaksanakan kegiatan dan program ini sesuai dengan amanah dan tanggung jawab yang sudah di berikan". Penyelenggaraan Bimtek Smart City merupakan bagian yang tak terpisahkan dari upaya mempertanggungjawabkan posisi kabupaten Bantul sebagai salah satu dari seratus kabupaten yang telah ditunjuk sebagai percontohan."

"Harapannya kedepan kabupaten Bantul dapat mengikuti perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, maka dengan berbagai strategi dan cara pemkab kabupaten Bantul memberikan semua yang di butuhkan untuk memberikan fasilitas pendukung, walaupun tentunnya usaha ini diakui belum memenuhi kebutuhan masyarakat seratus persen." Tutur beliau.

Dr. Wikan Danar Sunindyo S.T., M.Sc. selaku pembimbing Smart City Kabupaten Bantul menjelaskan " Tidak hanya sekedar melaksanakan kita juga perlu mengevaluasi apa yang di lakukan itu sudah sesuai, kurang, atau melebihi." Beliau juga menuturkan "peninjauan yang di lakukan ini juga di jadikan sebagai wadah masyarakat memberikan masukan untuk perkembangan terkait program ini untuk kabupaten Bantul kedepannya".



FORM KOMENTAR





DAFTAR KOMENTAR (0)