Miko Cakcoy Goes to SMP N 2 Bantul, Bagi Tips Tingkatkan Softskill Siswa



Bantul – Kamis (14/10/2021) Roadshow Miko Cakcoy Goes to School kembali diselenggarakan oleh Diskominfo Kabupaten Bantul bertempat di SMP N 2 Bantul dengan tema Berprestasi di Tengah Pandemi. Dihadiri oleh siswa dan guru dengan jumlah yang terbatas dan memperhatikan protokol kesehatan, Roadshow kali ini mengundang Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo, Dosen Psikologi UAD Dr. Hadi Suyono, S.Psi., M. Si., pengusaha Djiwa Coffee Diani, dan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Bantul Drs. Isdarmoko, M. Pd., M. Mpar.

Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo menjelaskan bahwa memiliki siswa cerdas, berakhlak mulia, dan berkepribadian Indonesia tidak lepas dari polesan tangan bapak ibu guru yang memberikan kasih sayang dan pembelajaran yang baik. Selain itu, diharapkan semua sekolah mengajarkan tata nilai budaya. “Kalau sekolah-sekolah kita ada sinergi perpaduan yang sangat bagus antara kurikulum dan tata nilai budaya, itu akan menghasilkan sebuah prestasi yang baik” ujarnya. 

Diani, pengusaha Djiwa Coffee menambahkan penjelasan tentang kemampuan berkewirausahaan di masa muda bahwa belajar berbisnis dapat dilakukan dari hal-hal yang kecil. Sekecil apapun bisnis yang dijalani, kita adalah bosnya. Cita-cita itu penting, walaupun belum mempunyai modal tetapi cita-cita penting untuk dimiliki. 

Dr. Hadi Suyono, S.Psi menambahkan terkait pendidikan karakter, hardskill harus dipelihara dan ditingkatkan untuk menunjukkan bahwa secara potensial mampu dalam akademis. Hardskill sendiri tidak cukup, harus ada karakter Indonesia yang menumbuhkan potensi-potensi yang lain yang disebut softskill. “Kemampuan softskill, kemampuan, keterampilan yang secara psikologis itu dibutuhkan untuk menjadi orang besar dan orang sukses” ujarnya. Dalam psikologis, ada proses psikologis yang luar biasa dalam mengasah softskill, hal itu perlu dilatih.

Drs. Isdarmoko, M. Pd., M. Mpar. mengatakan sejak awal pandemi siswa-siswi melakukan belajar dari rumah, setiap sekolah mempunyai kiat dalam belajar khususnya dalam pengembangan literasi sekolah. Pembelajaran dari jauh harus tetap produktif contohnya siswa-siswi membuat buku ber-ISBN. “Prestasi-prestasi terus kita gulirkan baik dalam bidang akademik baik non akademik” tuturnya.

Di akhir acara, Wakil Bupati Bantul dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul Ir. Fenty Yusdayati, MT memberikan piagam penghargaan kepada Kepala Sekolah dan Ketua OSIS SMP N 2 Bantul.



FORM KOMENTAR





DAFTAR KOMENTAR (0)