Halaman

Visi dan Misi


Dinas Komunikasi dan Informatika mendukung Visi Bupati dan Wakil Bupati terpilih yang dituangkan dalam RPJMD Kabupaten Bantul Tahun 2016-2021 adalah:

Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Bantul yang sehat, cerdas, dan sejahtera, berdasarkan nilai-nilai keagamaan, kemanusiaan, dan kebangsaan dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”

Secara filosofis visi tersebut adalah cita-cita untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Bantul yang:

  1. Sehat yaitu masyarakat Kabupaten Bantul yang memiliki kesehatan jasmani, rohani dan sosial.
  2. Cerdas yaitu masyarakat Kabupaten Bantul yang memiliki kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual.
  3. Sejahtera yaitu masyarakat Kabupaten Bantul yang produktif, mandiri, memiliki tingkat penghidupan yang layak dan mampu berperan dalam kehidupan sosial.
  4. Kemanusiaan yaitu masyarakat Kabupaten Bantul yang peduli, saling menghargai dan mengembangkan semangat gotong-royong.
  5. Kebangsaan yaitu masyarakat Kabupaten Bantul yang memiliki rasa patriotisme cinta tanah air dan tumpah darah untuk bersama-sama mewujudkan pembangunan.
  6. Keagamaan yaitu masyarakat Kabupaten Bantul yang beriman, menjalankan ibadah dan mengembangkan toleransi beragama.

Dengan memperhatikan seluruh aspek pembangunan yang dibutuhkan oleh Kabupaten Bantul dan dengan memperhatikan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai visi pembangunan Kabupaten Bantul Tahun 2016-2021, maka dirumuskan misi sebagai berikut:

  1. Meningkatkan tata kelola pemerintahan yg baik, efektif, efisien dan bebas dari KKN melalui percepatan reformasi birokrasi.
  2. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sehat, cerdas, terampil dan berkepribadian luhur.
  3. Mewujudkan kesejahteraan masyarakat  difokuskan pada percepatan pengembangan perekonomian rakyat dan pengentasan kemiskinan.
  4. Meningkatkan  kapasitas dan kualitas sarana-prasarana umum, pemanfaatan Sumber Daya Alam dengan memperhatikan kelestarian lingkungan hidup dan pengelolaan risiko bencana.
  5. Meningkatkan  tata kehidupan masyarakat Bantul yang agamis, nasionalis, aman, progresif dan harmonis serta berbudaya istimewa.

Dikaitkan dengan visi dan misi RPJMD Kabupaten Bantul Tahun 2016-2021, maka tugas dan fungsi Dinas Komunikasi dan Informatika  terkait erat dengan pencapaian misi ke-1 Meningkatkan tata kelola pemerintahan yg baik, efektif, efisien dan bebas dari KKN melalui percepatan reformasi birokrasi.

NO SASARAN INDIKATOR SASARAN SATUAN TARGET TAHUN PENJELASAN IKU INDIKATOR SASARAN PUSAT
2019 2020 2021
1.1.1 Meningkatnya Penyelenggaraan sistem informasi dan komunikasi berbasis teknologi sesuai standar Prosentase berkembangnya layanan Digital Government Service (DGS) % 80 85 90 Jumlah OPD yang menerapkan DGS dibagi jumlah semua OPD kali 100% Ya Indeks Tata Kelola Pemerintahan (Indonesia Governance Index/IGI)
2.2.2 Meningkatnya indeks kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan informasi publik Index kualitas layanan informasi publik % 80 83 85 Nilai hasil survey Indeks Kepuasan layanan komunikasi dan informasi publik Ya Indeks Tata Kelola Pemerintahan (Indonesia Governance Index/IGI)