Diskominfo Bantul Himpun Masukan Masyarakat Melalui Forum Konsultasi Publik

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Salah satunya melalui kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) yang dilaksanakan pada Senin, (23/09/2025) di Mandala Saba Madya Komplek Parasamya.

Kepala Dinas Komunikasi dan informatika Kabupaten Bantul, Bobot Ariffi’ Aidin dalam sambutannya menegaskan, keterlibatan masyarakat dalam pelayanan publik tidak berhenti pada tahap penerimaan layanan, tetapi dimulai sejak penyusunan standar pelayanan, pelaksanaan, evaluasi, hingga pemberian penghargaan. 

“Forum Konsultasi Publik adalah ruang dialog dan diskusi pertukaran opini secara partisipatif antara penyelenggara dan masyarakat. Tujuannya agar kedua belah pihak dapat memahami permasalahan sekaligus mencari solusi yang tepat,” jelas Bobot.

Lebih lanjut, ia berharap Forum Konsultasi Publik ini menjadi titik temu antara kebutuhan dan harapan masyarakat dengan kemampuan serta sumber daya yang tersedia di penyelenggara layanan. Dengan demikian, kualitas layanan publik di Kabupaten Bantul dapat terus meningkat seiring aspirasi yang berkembang di masyarakat.

Forum ini menghadirkan berbagai unsur masyarakat, antara lain perwakilan media massa, praktisi, mahasiswa, perwakilan kalurahan, organisasi perangkat daerah (OPD), hingga kelompok masyarakat. Kehadiran berbagai elemen tersebut diharapkan mampu memberi sudut pandang yang beragam dan komprehensif dalam merumuskan perbaikan layanan.

Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Bantul, Isa Budi Hartomo, yang turut memberikan sambutan menekankan bahwa FKP bukan hanya sebatas formalitas, melainkan momentum membangun komunikasi dua arah. 

“Melalui forum ini, kita ingin mendengar langsung aspirasi masyarakat agar pelayanan publik di Bantul semakin transparan, akuntabel, dan sesuai kebutuhan nyata,” ungkapnya.

Dengan terlaksananya Forum Konsultasi Publik, Dinas Komunikasi dan Informatika Bantul optimistis pelayanan publik akan semakin adaptif, berkualitas, serta berorientasi pada kepuasan masyarakat.