29 Badan Publik Bantul Raih Predikat Informatif

Bertepatan dengan Hari Hak Untuk Tahu se-Dunia pada Rabu (28/09), puncak kegiatan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Badan Publik se-DIY yakni penganugerahan kepada Badan Publik Informatif dan Peringkat Terbaik digelar oleh Komisi Informasi Daerah (KID) DIY bertempat di Hotel Rich Yogyakarta. Hadir badan publik dari Kabupaten Bantul antara lain PPID Pemerintah Kabupaten Bantul yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Ir. Pulung Haryadi, M.Sc, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Kapanewon Piyungan, serta PT. BPR Bank Bantul (Perseroda).

 

Ketua KID DIY Moch. Hasyim menyampaikan tujuan dari monev ialah untuk menilai tingkat kepatuhan badan publik dalam mengimplementasikan UU Keterbukaan Informasi Publik serta mengidentifikasi masalah untuk kemudian mencari solusi kedepannya. 
 

 

“Kami sangat apresiasi kepada PPID Kabupaten Bantul yang pada tiga tahun terakhir ini (2020, 2021 dan 2022) selalu masuk dalam 3 besar. Kami juga turut bahagia bahwa Badan Publik OPD atau PPID Pelaksana Kabupaten Bantul menjadi yang terbanyak diantara 5 kabupaten/kota dengan jumlah Badan Publik Informatif sejumlah 29 Badan Publik,” terang Hasyim.

 

Selanjutnya, Ketua Bidang Regulasi dan Kebijakan Publik Komisi Informasi Pusat RI Gede Naryana menjelaskan Badan Publik mempunyai kewajiban untuk menyampaikan informasi publik ke ruang-ruang publik dengan akurat, benar dan tidak menyesatkan.

 

“Esensi substansi Badan Publik yang mendapatkan predikat Infomatif itu informasinya terasa bermanfaat untuk masyarakat,” imbuh Gede.

 


Selanjutnya diumumkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bantul meraih peringkat Terbaik II dalam Penganugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2022 kategori Pemerintah Kabupaten/Kota se-DIY. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul meraih peringkat Terbaik II pada kategori OPD / PPID Pelaksana Pemerintah Kabupaten/Kota se-DIY. Sementara itu, Kapanewon Piyungan masuk dalam 5 besar kategori Kapanewon/Kemantren se-DIY. PT. BPR Bank Bantul (Perseroda) juga meraih peringkat Terbaik II kategori BUMD se-DIY.

 

Adapun Badan Publik Kabupaten Bantul yang mencapai Kategori Informatif antara lain Pemerintah Kabupaten Bantul, Dinas Dukcapil, Bappeda, DPMPTSP, Dinas Kesehatan, Dinas Nakertrans, Dinas PMKal, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Kominfo, Dinas Pertaru, Dinas P3AP2KB, BPKPAD, Dinas Sosial, Dinas Kebudayaan, Dinas PUPKP, DLH, Bagian PBJ Setda, Bagian Perencanaan dan Keuangan Setda, Dinas Pariwisata, Kapanewon Piyungan, Kapanewon Srandakan, Kapanewon Sewon, Kapanewon Dlingo, Kapanewon Jetis, Kapanewon Kasihan, Kapanewon Bambanglipuro, Kapanewon Sanden, Kapanewon Bantul, dan Kapanewon Sedayu.