Dinas Kominfo Bantul Kenalkan Aplikasi Esurat ke Sekretariat DPRD Kabupaten Bantul

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul berikan pelatihan aplikasi eSurat di Sekretariat DPRD Kabupaten Bantul pada hari Selasa (11/8/2020). Saat ini aplikasi eSurat saat ini sudah diimplementasikan di 27 kantor di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul. Kepala Bidang Tata Kelola e-Government, Aplikasi Informatika dan Data Statistik, Sri Mulyani menyampaikan, pengembangan aplikasi ini merupakan salah satu terobosan yang strategis dan tepat untuk mewujudkan visi misi pemerintah di era digital saat ini.

Aplikasi ini diharapkan mampu mempercepat distribusi surat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul dengan bantuan teknologi digital. Ada beberapa fasilitas yang didapatkan staf melalui aplikasi ini. Di antaranya, fitur disposisi. Aplikasi e-surat ini akan mempermudah kinerja staf dalam pendataan dan informasi tentang persuratan. Sehingga semakin mempermudah dalam distribusi surat ke depannya.

Aplikasi ini memiliki regulasi yang kuat yaitu Surat Edaran Menteri PAN & RB No.5 tahun 2013 tentang penggunaan Aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik dan merupakan quick wins dari Kementerian PAN & RB. Selain itu aplikasi ini diharapkan mampu untuk meningkatkan efektifitas, dan produktifitas kerja, serta tertib administrasi persuratan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul.