Dinas KOMINFO bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Soft launching Aplikasi PIS-PK

Kepala Dinas Kesehatan, drg. MAYA SINTOWATI PANJI, MM. melaksanakan soft launching aplikasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) Kabupaten Bantul yang dikembangkan bekerjasama dengan Dinas Kominfo Bantul di Ros-In Hotel , Bantul, Selasa ( 19/11).

Kepala Dinas Kesehatan menyampaikan, “mari kita manfaatkan aplikasi ini dengan komitmen. Kami harap tiap puskesmas punya target tidak hanya data tetapi ada output seperti temuan TB baru atau Ibu hamil resiko tinggi”. Maya berharap, aplikasi baru ini tidak membebani puskesmas, karena harus entri di banyak aplikasi.

Diah Pangesti Utami,SKM, M.Se selaku Kasie Yankestrad menambahkan, Aplikasi PIS-PK yang diluncurkan ini merupakan hasil studi tiru Kabupaten Tegal, yang sudah mengintegrasikan dengan SIMPUS. Dan Kedepannya, Kabupaten bantul pun akan melaksankan hal yang sama yaitu mengintegrasikan Aplikasi PIS-PK ini dengan DGS Layanan Kesehatan.

Peluncuran aplikasi ini untuk melengkapi aplikasi PIS PK dari Kemenkes, guna menyajikan analisis data PIS PK di level Kabupaten. Puskesmas tidak harus melakukan entri, dimana aplikasi ini mengolah hasil entrian yang sudah dilaksanakan ke aplikasi Kemenkes.