Diskominfo Berikan Bimtek Aplikasi BOS kepada Perangkat Daerah Bantul

 

Dalam rangka kegiatan Focus Grup Discussion (FGD) Tata Cara Pembelanjaan Pemerintah di Bantul Online Shop (BOS), Dinas Komunikasi dan Informatika memberikan materi pengenalan aplikasi dan tata cara penggunaannya dilaksanakan pada Rabu-Kamis, 9-10 November 2022 bertempat di Rumah Budaya Tembi Sewon. Kegiatan ini diikuti oleh Kapanewon, Bagian-bagian Sekretariat Daerah dan Perangkat Daerah se-Kabupaten Bantul.

 

Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul Drs. Helmi Jamharis, M.M. menghimbau untuk menggunakan BOS dalam belanja pemerintah daerah dan merapikan SPJ dalam pembelanjaan di pemerintah daerah dalam rangka Percepatan Penggunaan Toko Daring e-Katalog dan Bantul Online Shop (BOS) dalam Belanja Pemerintah.

 

Namun demikian, beberapa catatan dan masukan yang diberikan oleh peserta terhadap fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi BOS, di antaranya SPJ yang masih tetap manual tidak langsung dari sistem, perpajakan dalam pembelanjaan melalui BOS, fitur pengecekan otomatis ongkos kirim, fitur chatting belum ada dan masih menggunakan platform lain seperti Whatsapp, BOS belum tersedia dalam IOS maupun aplikasi web, serta sanksi yang diberikan bila OPD tidak menggunakan BOS.