Dorong Pertumbuhan UMKM, Diskominfo Gelar Bimtek Sosial Media Marketing

Di era digital, sosial media berperan penting dalam kehidupan masyarakat. Sebagai bentuk upaya mendorong kreativitas masyarakat dalam mengelola sosial media, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul menyelenggarakan Bimbingan Teknis Sosial Media Marketing yang telah diinisiasi melalui program indikatif kapanewon di Kantor Kalurahan Argorejo, Sedayu Rabu (9/3/2023). 

 

Mengangkat situasi saat ini yang mengharuskan masyarakat untuk bermedia sosial, terlebih masyarakat di Argorejo juga memiliki UMKM dengan produk unggulan yang harus dipasarkan sehingga melalui bimtek ini mereka berharap dapat memanfaatkan sosial media sebagai peluang untuk belajar memasarkan produk mereka.

 

Bimtek ini menghadirkan narasumber, Gadis Rafidha Deviyani, Content Creator dan Social Media Enthusiast. Gadis juga dikenal sebagai influencer aktif melalui akun Instagram dan tiktok pribadinya. Materi yang disampaikan meliputi kemampuan dasar sebagai konten kreator, aplikasi untuk mengedit video, tata cara menyusun naskah serta cara membuat jadwal konten.

 

 

Dalam pemaparan materinya, Gadis memberikan tips bagaimana membuat video yang menarik mulai dari pre productions (persiapan produksi) hingga editing and distribution (mengedit dan mengunggah). Ia membagikan tips dalam proses penggungahan video sebaiknya di jam prime time, yakni waktu dimana penonton paling banyak melihat sosial media. Hal tersebut tentu saja akan berdampak pada jumlah penonton.

Disertai praktikum oleh peserta, Gadis juga tak segan memberikan contoh-contoh pergerakan video cinematic agar konten yang dibuat lebih menarik, seperti panning (gerakan ke samping), crabbing (posisi kuda-kuda kaki), follow (jalan pelan), serta tilting (pergerakan atas bawah).

 

 

Ia juga menyampaikan dalam pembuatan konten memiliki konsep yang sangat luas, apapun dapat menjadi konsep konten yang menarik. Ia menyarankan dalam membuat konten dapat memulai dari kegiatan yang disukai sehingga akan lebih mudah dalam pengerjaannya. Gadis mencontohkan beberapa konten fyp pribadinya yang ditayangkan dalam pelatihan tersebut, mulai dari konten menjadi food blogger, kegiatan sehari-hari, hingga rekreasi. 

Di akhir sesi Ia menambahkan, perjalanan menjadi konten kreator tentu saja tidak mudah dan membutuhkan waktu yang tidak singkat. Perlu konsistensi untuk mencapai yang diharapkan. "Kunci sukses bersosial media cuma satu, yaitu konsisten" ujarnya.