FGD Diskominfo, Bahas Capaian Kinerja Hingga Penyesuaian Sistem Kerja Pasca Penyetaraan Jabatan

Dalam rangka meningkatkan capaian kinerja, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul menggelar Focus Group Discussion (FGD) bertempat di D’Kaliurang Hotel dengan mengundang Narasumber Dr. Nurhadi Susanto, M. Hum., Magister Administrasi Publik (MAP) UGM. 

 

Plt. Kepala Diskominfo Bantul, Ir. Fenty Yusdayati, MT menyampaikan bahwa ada dua fokus utama yang dibahas pada FGD kali ini, yaitu penyetaraan jabatan dan penyesuaian sistem kerja Dinas Kominfo Kabupaten Bantul pasca penyetaraan jabatan dengan berlandaskan Permen PANRB No. 7 Tahun 2022 tentang Sistem Kerja pada Instansi Pemerintah untuk Penyederhanaan Birokrasi. 

 

 

Selanjutnya, Ir. Fenty Yusdayati menyampaikan bahwa indeks kualitas layanan informasi publik Dinas Kominfo tahun 2017 hingga tahun 2021 selalu mengalami peningkatan. Fenty juga menyampaikan, untuk mempertahankan capaian tersebut, Dinas Kominfo menyusun program kerja tahun 2023 dengan prioritas sebagai berikut :
1. Pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat,
2. Keterbukaan Informasi Badan Publik,
3. Peningkatan Kapasitas SDM Bidang TIK,
4. Perluasan Infrastruktur Jaringan IT,
5. Transformasi Digital Layanan Publik,
6. Peningkatan Keamanan Siber,
7. Fasilitasi Wifi Publik Melalui KIM,
8. Fasilitasi Wifi Publik pada Tempat Wisata, dan
9. Satu Data Indonesia.

 

Dr. Nurhadi Susanto, M.Hum., selaku narasumber menyampaikan materi tentang kerangka logis manajemen kinerja, bagaimana mandat, kewenangan, potensi, permasalahan, dan isu strategis harus berjalan dinamis dengan visi, misi, dan tujuan pemerintah kabupaten. Nurhadi juga menyampaikan bahwa perencanaan individu akan mendukung kinerja tim atau unit terkecil, kemudian dinas/badan, hingga akhirnya dapat mendukung Pemerintah Daerah/Kabupaten.