Gumregah, Kabupaten Bantul Peringati Hari Jadi Ke-191

Peringatan hari jadi ke – 191 Kabupaten Bantul digelar di Lapangan Trirenggo Bantul, dihadiri Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Bupati dan Wakil Bupati Bantul, Forkopimda Kabupaten Bantul, Kepala OPD, Panewu se-Kabupaten Bantul dan sejumlah tamu undangan termasuk mantan Bupati Bantul. Rabu (20/7).Pada tahun ini, hari jadi Kabupaten Bantul mengusung tema 'Bantul Gumregah Mewujudkan Masyarakat yang Harmonis, Sejahtera dan Berkeadilan'.

 

Bupati Bantul  Abdul Halim Muslih menyatakan tema ini didasari atas pembulatan tekad dan semangat untuk mewujudkan cita-cita sebagaimana yang tercantum dalam visi Pemkab Bantul.

 

 

Bupati mengatakan, bahwa visi tersebut untuk mewujudkan masyarakat yang harmonis, sejahtera dan berkeadilan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ber-bhinneka tunggal ika.Pemkab Bantul terus melakukan langkah-langkah yang dipandang strategis untuk melanjutkan proses pelaksanaan program-program pemerintah daerah. Utamanya dalam pembangunan sumber daya manusia, menekan angka stunting, meningkatkan kesejahteraan, dan mewujudkan Bantul sebagai kabupaten layak anak serta mengupayakan bantul bersih sampah.

 

Sementara, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam amanatnya, menyatakan bahwa peringatan hari jadi Kabupaten Bantul ini hendaknya diiringi introspeksi dan retrospeksi, seraya mengenang sejarah perjalanan Kabupaten Bantul selama ini dalam upaya mewujudkan pemerintahan yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat.

 

 

"Bagaimanapun, 'Gumregah' bukanlah  kata benda dan sekadar wacana, tetapi harus menjadi kata kerja yang berlanjut dalam orkestrasi pembangunan untuk mewujudkannya. Wacana itu akan tercapai menjadi realita hanya atas dukungan, partisipasi dan kontribusi dari segenap warga Bantul tanpa terkecuali, siapa pun dia," ucap Sri Sultan.

 

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Bantul ini dimeriahkan dengan tarian kolosal dan kirab budaya bregodo dari 17 kapanewon se-Kabuapten Bantul, sepanjang perjalanan ribuan warga Bantul menyaksikan atraksi seni dengan penuh suka cita.