Kominfo Bangun Enam Titik Wi-Fi Publik Baru untuk KIM

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat membuat pemerintah  fokus terhadap pembangunan wilayah. Salah satunya dengan menggerakkan roda perekonomian melalui fasilitas Wi-Fi publik bagi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Kabupaten Bantul di akhir tahun ini kembali membangun 6 (enam) titik Wi-Fi Publik yaitu di : 

 

  1. Kauman, Wijirejo, Pandak;
  2. Gunungkelir RT. 07, Pleret;
  3. Glagah Kidul RT 03, Tamanan;
  4. Kembaran RT. 07, Tamantirto, Kasihan;
  5. Bergan, Wijirejo, Pandak;
  6. Dagan, Sidomulyo, Bambanglipuro.

 

Untuk kelancaran pembangunan dilaksanakan koordinasi dengan pemerintah kalurahan dan KIM, bertempat di Ruang Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bantul, Rabu 2 November 2022. Rapat dipimpin oleh Kepala Bidang Infrastruktur Teknologi Informasi, Keamanan Informasi dan Persandian Kawuniningrum, S.T, M. Cs. Didampingi Subkoordinator Kelompok Substansi Pemberdayaan dan Kemitraan Sri Mulyani, S. E.

 

Kawuniningrum dalam pengarahannya menyampaikan bahwa Wi-Fi yang akan dibangun prinsipnya adalah untuk layanan publik. Lokasi yang disiapkan sebaiknya adalah area publik atau fasilitas umum yang bisa dimanfaatkan oleh semua orang. Bila terpaksa di area tempat ibadah atau fasilitas milik pribadi harus dilengkapi dengan surat pernyataan bermaterai yang ditanda tangani ketua KIM dan diketahui Lurah setempat. 

 

Tiang tower yang akan dibangun tingginya berkisar antara 16 m – 28 m dan dipasang spanner. Diharapkan Ruang Publik dangan tiang jaraknya tidak terlalu jauh agar koneksi internetnya optimal. Ketua KIM bertanggung jawab terhadap pengelolaan fasilitas tersebut dan menjaga jangan sampai hilang. Koneksi internet 24 jam tidak boleh dimatikan. (sri)