Komitmen Badan Publik, Pondasi dalam Peningkatan Kualitas Layanan Informasi Publik

Tahapan Monev Keterbukaan Informasi Badan Publik telah dimulai. Dalam rangka saling berbagi informasi dan pengalaman, PPID se-DIY kembali berkumpul dalam kegiatan Forum PPID se-DIY bertempat di Secret Coffee and Garden, Yogyakarta pada Rabu (24/07/2024). Tema yang diambil pada pertemuan kali ini adalah Persiapan Pelaksanaan Monev Keterbukaan Informasi Publik.

 

Wakil Ketua KID DIY Drs. Bayu Februarino Putro kembali menegaskan bahwa pondasi dalam penyelenggaraan keterbukaan informasi publik adalah komitmen badan publik. Dengan komitmen yang kuat, maka keterbukaan informasi publik akan dapat terwujud dan berjalan dengan baik. 

 

"Badan publik harus memiliki dan menerapkan SOP-SOP pelayanan informasi publik. Hal tersebut merupakan wujud komitmen badan publik. SOP harus lengkap, sarana dan prasarana harus lengkap. Harapannya secara bertahap hingga di tahun 2027 badan publik naik kelas, layanan informasi publik di DIY semakin berkualitas," tegas Bayu.

 

Dalam 3 tahun ke belakang, hasil monev selalu mengalami tren peningkatan. Mulai tahun 2024, penilaian  berkembang menjadi 6 indikator. Monev juga akan merambah ke kalurahan se-DIY secara bertahap.