Kru BantulTV Kembali Beraksi

Tim BantulTV Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul kembali beraksi. Kali ini BantulTV menyiarkan secara langsung acara Grand Launching program bertajuk "Besanan Nyamuk WoW Mantul", Wolbachia wis Masuk Bantul bertempat di Halaman Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Selasa (24/05).

 

 

Dinas Kesehatan Bantul memulai Program WoW Mantul sebagai program pelengkap pengendalian DBD di Bantul dimulai dengan tahapan peletakan ember berisi telur nyamuk Aedes aegypti ber-Wolbachia di rumah orang tua asuh (OTA) dan fasilitas umum serta fasilitas sosial di wilayah Bantul, selama kurang lebih 6 bulan ke depan. Harapannya, nyamuk ber-Wolbachia yang keluar dari ember tersebut akan kawin dengan nyamuk lokal, dan menghasilkan keturunan yang sudah ber-Wolbachia.

 

Penggunaan wolbachia diklaim dapat menurunkan kasus DBD sampai dengan 77%.  Resiko yang ditimbulkan dari penggunaan teknologi ini pun tergolong sangat rendah sehingga dapat diabaikan. Program WoW Mantul nantinya akan dilaksanakan di 11 Kapanewon, 38 Kalurahan, dan 519 Padukuhan dengan total paket ember berwolbachia yang akan diberikan sejumlah 19 ribu buah.  Ember ini nantinya akan dititipkan di rumah orangtua asuh, fasilitas umum, dan fasilitas sosial.