Kuatkan Sinergi Pemerintah dan Masyarakat, Dinas Kominfo Gelar Forum Komunikasi KIM

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul sebagai pembina Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) menyelenggarakan Forum Komunikasi KIM, Selasa (21/05/2024) di Taman Kuliner Ganjuran. Acara ini mengundang perwakilan dari 52 KIM se-Kabupaten Bantul.

 

Forum yang mengangkat tema “Meningkatkan Peran KIM dalam Pembangunan Daerah” ini dibuka secara resmi oleh Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, Arif Darmawan, S.STP. Dalam sambutannya, Arif menekankan pentingnya peran KIM sebagai penghubung antara pemerintah dan masyarakat dalam penyebaran informasi yang akurat dan bermanfaat.

 

“KIM adalah ujung tombak dalam mengedukasi masyarakat tentang berbagai program pemerintah serta isu-isu penting yang berkembang. Dengan adanya forum ini, kami berharap sinergi antar KIM semakin solid sehingga informasi yang disampaikan kepada masyarakat dapat lebih cepat, tepat, dan akurat,” ujar Arif.

 

Selain itu, Arif menyampaikan Forum kali ini bertujuan untuk mendiskusikan langkah kedepan untuk perkembangan KIM di Kabupaten Bantul serta evaluasi terhadap penggunaan wifi publik yang telah difasilitasi oleh Dinas Kominfo.

 

“Selain fasilitas wifi publik, Dinas Kominfo juga rutin menyelenggarakan bimbingan teknis terkait informasi dan komunikasi publik. Kegiatan ini dapat digunakan sebagai salah satu kegiatan untuk “menghidupkan” KIM,” tambahnya.

 

Kawuniningrum, S.T., M.CS, Kepala Bidang Infrastruktur Teknologi Informasi, Keamanan Informasi, dan Persandian sebagai bidang yang bertanggung jawab atas fasilitas wifi bagi KIM menyampaikan bahwa sejak tahun 2020 pihaknya selalu berkoordinasi tentang perkembangan KIM yang diikuti oleh perkembangan teknologi.

 

“Fasilitasi publik bagi KIM ini merupakan salah satu upaya pemerintah kabupaten bantul untuk agar kemajuan teknologi dapat menyentuh masyarakat,” terang Kawuniningrum.

 

Selanjutnya dalam kesempatan kali ini diisi dengan sesi diskusi dan evaluasi terhadap kegiatan KIM. Masing-masing KIM harus membuat laporan kegiatan setiap tahunnya agar Dinas Kominfo dapat memantau keaktifan KIM tersebut. Dengan adanya sinergi yang baik, Kabupaten Bantul optimis dapat menciptakan masyarakat yang lebih informatif dan berdaya saing tinggi dalam menghadapi tantangan era digital. (Ans)