Kunjungan Kerja Pemprov Jatim terkait Data Geospasial

Berdasarkan rekomendasi dari Badan Informasi Geospasial (BIG), Bappeda Provinsi Jawa Timur melakukan kunjungan kerja ke Diskominfo Kabupaten Bantul dalam rangka tukar pikir penyelenggaraan Sistem Informasi Geospasial. Hal ini didasarkan pada prestasi Kabupaten Bantul yang telah mendapatkan penghargaan  Bhumandala Kencana kategori Geoportal terbaik tingkat kabupaten pada tahun 2022 lalu. Subkoordinator Data dan Informasi Bappeda Jatim, Dra. Maratus Sholihah, M.Si. memimpin rombongan dalam rangka tukar pikir penyelenggaraan Sistem Informasi Geospasial di Kabupaten Bantul.(7/8/2023)

Sekretaris Diskominfo Kabupaten Bantul, Ir. Wahid, S.IP.,M.A. memimpin penerimaan kunjungan di Ruang Rapat Kepala Diskominfo. Dalam sambutannya, Sekretaris Diskominfo Bantul menyampaikan bahwa kunjungan kerja diharapkan dapat menjadi media pertukaran pengalaman dan informasi terkait penyelenggaraan Sistem Informasi Geospasial.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Bidang Tata Kelola E-Gov, Aplikasi Informatika, dan Statistik, Sri Mulyani, menjelaskan bahwa penyelenggaraan jaringan informasi geospasial di Kabupaten Bantul dilakukan sejak tahun 2019. Pengembangan dan pengelolaannya mengacu pada bisnis proses Satu Data Indonesia. Data-data yang ditampilkan pada geoportal nerupakan hasil integrasi dengan Portal Data Bantul dan unggahan produsen data yang telah disepakati dalam forum satu data bersama Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Kundha Niti Mandhala sarta Tata Sasana) Bantul sebagai pembina data Geospasial di Kabupaten Bantul.