Literasi Digital untuk Madrasah Handal

Bantul - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul kembali menggelar program acara Miko Cakcoy Goes To School sebagai upaya edukasi terhadap masyarakat Bantul. Pada tahun ini acara tersebut mengusung konsep yang berbeda, jika tahun lalu hanya mengunjungi sekolah-sekolah dan pondok pesantren, maka tahun ini juga akan mengunjugi beberapa komunitas pemuda yang ada di Bantul.

 

MTS Negeri 7 Bantul terpilih sebagai tempat pertama yang disambagi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan Host kondang Miko Cakcoy.

 

Dalam acara kali ini juga tak lupa menghadirkan narasumber-narasumber yang kompeten dibidangnya diantaranya yaitu Kementrian Agama Bantul Aldi Johansyah, Dosen Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Aldi Johansyah serta Penulis Novel Fairuz Mumtaz yang turut hadir dalam acara talkshow Literasi Digital untuk Madrasah Handal, yang digelar pada hari Selasa tanggal 19 Juli 2022. Program ini merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam menanamkan kesadaran digital, mengembangkan keterampilan digital dan membangun gerakan literasi digital di lingkungan Madrasah.
 


 

Era Digital ini, memberikan peluang besar bagi peserta didik Madrasah untuk mengembangkan keterampilan mereka menuju kesuksesan. Sekolah di Madrasah memiliki keunggulan tersendiri karena selain belajar masalah ilmu yang bersifat duniawi dan umum, tetapi juga mempelajari ilmu agama yang bersifat spriritualitas. Hal ini akan menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan mutu Madrasah, yang berdampak pada kualitas peserta didik dan pendidik, yang akan meningkatkan daya saing bangsa.

 

“Era digital ibarat dua sisi mata uang. Di satu sisi dapat memanfaatkan digital secara baik sehingga menjadi orang sukses bisa dimulai dari sekarang dan tidak mengenal umur. Bisa mendapatkan kesuksesan secara duniawi maupun akhirat. Bisa sukses secara spiritualitas” ujar Hadi Suyono.