Melalui Danais, Kominfo Siap Hadirkan Internet Gratis di 24 Padukuhan

Dalam rangka peningkatan dan penguatan infrastruktur teknologi, Dinas Kominfo Kabupaten Bantul mengadakan Rapat Pembangunan Jaringan Internet bertempat di Ruang Rapat Mandala Saba Pracima Komplek Parasamya Kabupaten Bantul, pada Jumat (27/01/2023).

 

Dalam kesempatan ini, Kepala Bidang Infrastruktur Teknologi Informasi, Keamanan Informasi dan Persandian, Kawuniningrum, S.T., M.Cs. menyampaikan bahwa pada tahun ini Pemkab Bantul mendapatkan anggaran dari Dana Keistimewaan untuk pembangunan internet sampai di wilayah padukuhan. Direncanakan anggaran tersebut cukup untuk mensuplai internet di 24 lokasi.

 

 

“Padukuhan yang lokasinya akan dibangun jaringan internet diminta untuk membuat surat pernyataan lokasi yang akan dijadikan sebagai wifi publik. Selain itu, juga diminta untuk memintakan ijin penggunaan jalan untuk pemasangan tiang kabel bagi untuk dukungan jaringan internet pada jalur Fiber Optik Kominfo, serta mengkondisikan penyiapan area pendirian tower dan spanner yang strategis bagi support jaringan internet dengan jalur radio Wireless,” ucap Kawuniningrum.

 

Dijelaskan lebih lanjut oleh Zain Arrifai selaku staf teknis bahwa tidak semua 24 padukuhan mengambil uplink dari kalurahan. Dari 24 padukuhan direncanakan secara kasar, 9 akan disambungkan dengan kabel fiber optik. Sisanya akan disambungkan dengan tower dan radio wireless. Untuk itu, ia memohon kepda Bapak/Ibu Dukuh untuk melakukan pendampingan pada saat perencanaan dan mencarikan izin untuk penempatan infrastruktur jaringan berupa tiang fiber optik dan tower segitiga.