Pelatihan Penggunaan Portal Satu Data Bantul, Satu Aplikasi dengan Ribuan Informasi

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul menyelenggarakan acara Pelatihan Penggunaan Portal Satu Data Bantul. Pelatihan ditujukan untuk instansi yang telah memiliki daftar data dan menunjuk personel walidata pendukung baru yang menggantikan personel sebelumnya. Pelatihan ini bertempat di Ruang Command Center Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul, Senin (30/01/2023).

 

Kepala Bidang Tata Kelola e-Government, Aplikasi Informatika dan Statistik, Sri Mulyani, S.STP.,M.Eng., memberikan penjelasan tentang susunan dan tugas penyelenggara Satu Data Indonesia di Kabupaten Bantul. Kemudian dilanjutkan oleh Subkoordinator Kelompok Substansi Pengelolaan Data dan Statistik, Hettik, S.T.,M.Eng., tentang poin-poin dari materi yang akan disampaikan dalam pelatihan.

 

 

Materi dari pelatihan teknis penggunaan portal Satu Data Bantul berisi beberapa poin, antara lain:

  1. Login ke portal data menggunakan akun yang dibagikan, dimana berisi user dan password.
  2. Pengenalan tentang dashboard keterisian data.
  3. Pengenalan daftar data, baik daftar data prioritas, daftar data statistik, hingga daftar data geospasial.
  4. Proses input data secara manual.
  5. Proses input data menggunakan template file excel.
  6. Proses menanggapi hasil verifikasi apabila ditolak.
  7. Proses pencarian data melalui website data.bantulkab.go.id tanpa login terlebih dahulu.

 

Acara pelatihan ini terdiri dari dua sesi. Sesi pertama yang dimulai pukul 09.30 WIB hingga pukul 11.00 WIB, dihadiri oleh 10 instansi. Sesi kedua yang dimulai pukul 13.30 WIB hingga pukul 15.00 WIB, dihadiri oleh 9 instansi. Bagi instansi yang belum sempat menghadiri pelatihan ini, selanjutnya akan dijadwalkan ulang.