Pemkab Bantul Canangkan Aplikasi Marketplace

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul menggelar rapat koordinasi pembangunan Aplikasi Marketplace di Ruang Kerja Bupati Bantul dihadiri oleh Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih bersama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian, Dinas Perdagangan, Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, serta perwakilan Bank BPD DIY Cabang Bantul pada Rabu, (31/03). 

Rapat koordinasi pada kesempatan kali ini juga menghadirkan jajaran Dewan Smart City Kabupaten Bantul yaitu Prof. Ir. Achmad Djunaedi, MURP., Ph.D, Dr. Wing Wahyu Winarno, MAFIS, Ak., CA dan Sri Redjeki, S.Si., M.Kom.  

Perlu diketahui, marketplace merupakan tempat daring yang bisa berbentuk web atau aplikasi yang mempertemukan pedagang dan pembeli dengan fasilitas pembayaran terpusat seperti Tokopedia, Blibli, Bukalapak dan tanpa ada fasilitas pembayaran terpusat seperti OLX, Kaskus, dan Facebook Marketplace. Cara pembayaran terpusat contohnya seperti pembeli bisa membayar melalui satu rekening meskipun membeli dari berbagai pedagang, pembayaran cukup satu kali. Setelah pesanan diterima pembeli, uang akan ditransfer ke penjual oleh admin (pengelola). Sementara itu untuk pembayaran tanpa fasilitas pembayaran terpusat, pembayaran dilakukan kepada masing – masing pedagang. 
 

Pada kesempatan tersebut Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih menyatakan bahwa diharapkan marketplace bisa terwujud terlebih dahulu agar usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memiliki peluang.

“Diharapkan marketplace ini tewujud terlebih dahulu agar UMKM memiliki peluang dari pasar baru yang disiapkan. Selain itu hal ini akan memperbaiki pola pembinaan yang dilakukan oleh organisasi perangkat daerah, serta dapat membuka peluang bagi anak – anak muda yang kreatif untuk memanfaatkan marketplace ini dengan baik”, terang Halim. 
 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul juga mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh pihak terkait yang mendukung dan bersinergi dalam perencanaan pembangunan aplikasi marketplace. 

“Dalam marketplace ini, peran pemerintah kabupaten adalah menjaga kualitas mutu dengan cara melakukan pembinaan kepada para pedagang, pengrajin, atau petani yang akan menjual barangnya disana”, ujar Ir. Fenty Yusdayati, M.T selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul.

“Semoga melalui hal ini dapat membantu masyarakat Bantul untuk meningkatkan pendapatan”, pungkas Fenty mengakhiri rapat. (kas)