Pemkab Bantul Migrasi Email Gmail ke Email Bantulkab

Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul terus meningkatkan kualitas pelayanan dengan mempersiapkan proses migrasi e-mail. Pemkab Bantul akan melakukan migrasi e-mail Gmail (Google Workspace) ke e-mail Bantulkab (ZIMBRA) pada awal bulan November. Bertempat di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul, Dinas Kominfo melaksanakan Sosialisasi Persiapan dan Proses Migrasi e-mail tersebut secara daring kepada seluruh instansi Pemerintah Kabupaten Bantul pada hari ini, Selasa (25/10).

 

Adanya migrasi e-mail ini karena adanya surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 6 tahun 2013 tentang penggunaan alamat email resmi pemerintah pada instansi pemerintah, dan adanya kekurangan pada Gmail (Google Workspace) yang bisa menghambat kinerja dari Pemerintah Kabupaten Bantul. Kekurangan dalam (Google Workspace) seperti jumlah user yang terbatas, dan kapasitas penyimpanan yang terbatas. Maka dari itu seluruh akun email @bantulkab.go.id yang saat ini menggunakan server di Google Workspace, harus dipindahkan (migrasi) ke server Pemerintah Kabupaten Bantul yang dikelola secara mandiri di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul.

 

 

Asisten Administrasi Umum Pulung Haryadi mengatakan Pemkab Bantul ingin mempunyai akses e-mail yang dikelola secara mandiri. “Pemkab berkeinginan atau bertujuan bersama-sama untuk mengarahkan kepada email sacara mandiri yang dikelola oleh Diskominfo,” kata Pulung Hariyadi.

 

Ada beberapa keunggulan yang ada pada email pemerintah kabupaten Bantul yang dikelola secara mandiri, seperti e-mail sudah sesuai regulasi karena di hosting di server Pemerintah Kabupaten Bantul sehingga lebih privasi, pembuatan user bisa disesuaikan, dan kapasitas penyimpanan bisa menyesuaikan kebutuhan.