Pemkab Bantul Siap Hadapi Lebaran

“Pemerintah Kabupaten Bantul telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk mendukung kelancaran Idul Fitri 1443 H, baik berupa kesiapan sarana prasarana pendukung kelancaran mudik maupun sarana prasarana di objek wisata serta dukungan untuk memberikan layanan kesehatan bagi warga masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan.”


Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul, Drs. Helmi Jamharis, M.M., dalam acara Konferensi Pers Kesiapan Pemerintah Kabupaten Bantul Menghadapi Idul Fitri 1443 H di Pendopo Parasamya, Kamis (28/04/2022).


Turut hadir dalam acara tersebut beberapa pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Bantul, antara lain Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan (DKUKMPP), Dinas Kesehatan, Dinas Pariwisata, Dinas Kominfo, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan.

 

 

Terkait kebutuhan pokok, Agus Sulistyana, Kepala DKUKMPP Bantul menuturkan bahwa saat ini ketersediaan kebutuhan pokok relatif melimpah, termasuk minyak goreng, baik curah maupun kemasan. Terjadi kenaikan harga pada beberapa komoditas, khususnya daging sapi dan ayam.

 

Pada bidang kesehatan, Agus Budi Raharjo, SKM., M.Kes., Kepala Dinas Kesehatan telah menyiapkan tim PSC 119 yang siaga 24 jam untuk menangani kegawatdaruratan medis, serta menyiapkan IGD 24 jam di semua rumah sakit dan Puskesmas rawat inap. Selain itu, Dinas Kesehatan juga mendirikan Posko Kesehatan di beberapa jalur mudik dan lokasi wisata.

 

Sebagai antisipasi kepadatan di tempat wisata, Dinas Pariwisata telah menyiapkan penambahan personil di beberapa TPR sepanjang pantai selatan khususnya pada tanggal 3 s.d. 8 Mei 2022. Akan dilakukan rekayasa lalu lintas jika terjadi kepadatan lalu lintas. Kwintarto Heru Prabowo, S.Sos., Kepala Dinas Pariwisata juga mengimbau agar masyarakat memastikan dalam keadaan sehat saat berwisata.

 

Dalam hal kegawatdaruratan selain medis, masyarakat bisa menghubungi Call Center 112 yang nantinya akan direspon oleh OPD terkait. Telah disiapkan juga wifi gratis di beberapa objek wisata di Bantul. Mujahid Amrudin, S.IP., Plt Kepala Dinas Kominfo mengatakan bahwa masyarakat bisa mendapatkan informasi yang komprehensif melalui media sosial resmi Pemerintah Kabupaten Bantul.

 

 

Yulius Suharta, S.Sos., M.Si., Kepala Satpol PP menuturkan bahwa pihaknya akan melakukan patroli khusus menjelang Idul Fitri bersama dengan TNI dan Polri, selain pengawasan protokol kesehatan, operasi ini juga dilakukan sebagai upaya penanganan kejahatan jalanan. Satpol PP juga mendukung pengamanan di empat titik Pos Pengamanan, yaitu Piyungan, Klangon, Srandakan, dan TPR Parangtritis. Pada malam takbiran juga akan diagendakan patroli gabungan karena adanya larangan kegiatan takbir keliling.

 

Sementara itu, Dinas Perhubungan juga telah mendirikan Posko Induk di Kompleks Pasar Seni Gabusan. Selain di beberapa pos pengamanan, dan jalur vital, juga akan ditempatkan personil di Jalur Cinomati untuk melakukan imbauan dan pengendalian. Singgih Riyadi, S.E., M.M., Sekretaris Dinas Perhubungan menginformasikan bahwa Jembatan Kretek II akan dibuka pada tanggal 29 April hingga 6 Mei 2022 pada jam 07.00 s.d. 17.00, dan saat ini telah dilengkapi dengan rambu-rambu peringatan, penunjuk arah, dan pengalihan jalur di beberapa titik yang akan digunakan untuk mengatasi kepadatan lalu-lintas.