Publikasi sebagai Upaya Mengenalkan Bantul Kepada Dunia

Ditetapkannya Kabupaten Bantul sebagai Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia Tahun 2022, Bantul semakin memantapkan diri untuk menjadi Kota Kreatif Dunia versi UNESCO. Selain meningkatkan Sumber Daya Manusia, Kabupaten Bantul juga terus berupaya untuk memperkenalkan industri kreatif kepada dunia, salah satunya melalui penggiat media. Oleh karenanya, sebagai upaya membangun sinergitas dalam publikasi Pemerintah Kabupaten Bantul, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul bermaksud melaksanakan pertemuan penggiat media sosial di Bantul dan sekitarnya dengan tema “Mewujudkan Bantul sebagai Kabupaten Kreatif”, Rabu (25/01/2023) bertempat di Marianty Garden, Demangan, Bangunharjo, Sewon, Bantul.

 

M. Arief Budiman, Komite Ekonomi Kreatif Kabupaten Bantul yang menjadi salah satu narasumber menuturkan pihaknya sedang menyiapkan kolaborasi untuk menyampaikan program-program dalam mendukung Kata Kreatif. 

 

 

“Kenapa kota kreatif? Karena kota kreatif adalah kota yang berpusat pada pengembangan sumber daya manusia. Banyak kota di indonesia berpusat pada pengembangan sumber daya modal, sehingga banyak kota yang tumbuh tanpa memiliki kepribadian,” ujar M. Arief Budiman.

 

Menambahkan apa yang disampaikan M. Arief Budiman, Biro Humas Setda DIY, Arif Lukman Hakim, pada tahun 2008 yang lalu Indonesia mengalami krisis keuangan. Tetapi Indonesia, khususnya Kabupaten Bantul dapat bertahan salah satunya karena  memiliki banyak UMKM dibidang kraft dan kriya.

 

“Tugas kita setelah ditetapkan sebagai KaTa Kreatif selanjutnya adalah bagaimana kita sebagai bagian dari humas untuk membranding Kabupaten Bantul melalui media-media yang kita punya,”