Sosialisasi Cerdas Penggunaan Gadget dalam Memasuki Usia Remaja

Memasuki usia remaja adalah tahap penting dalam perkembangan individu, di mana mereka mulai mengeksplorasi identitas, memperluas pengetahuan, dan berinteraksi dengan dunia di sekitar mereka. Penggunaan gadget yang cerdas dapat menjadi alat yang kuat dalam proses ini, asalkan digunakan dengan bijaksana. Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang bijaksana dalam memanfaatkan teknologi, disampaikan oleh Kepala Bidang Infrastruktur Teknologi Informasi Keamanan Informasi dan Persandian Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul Kawuniningrum, ST, M.Cs pada acara sosialisai Motivasi Jelang SMP dengan tema Cerdas Penggunaan Gadget Dalam Memasuki Usia Remaja di SD Islam Al Azhar 38 Bantul pada hari Rabu tanggal 08 Juni 2023. Dalam kesempatan tersebut dipaparkan tentang penggunaan teknologi internet dan media sosial yang aman termasuk didalamnya dibahas tentang sisi positif yaitu : 
1.Media pertukaran data
2.Kemudahan transaksi
3.Media pencarian data 
4.Sarana komunikasi
 

Semuanya itu dapat diperoleh dari pemanfaatan teknologi dengan bijaksana. Disampaikan pula upaya dalam menghindari sisi negatif yaitu : 
1.Cybercrime
2.Cyberbullying 
3.Pornografi
4.Waktu terbuang
Empat hal tersebut dapat timbul dari penggunaan teknologi yang tidak bertanggungjawab. 

 

Disamping itu juga disampaikan tentang tips dalam penggunaan media sosial yang aman dengan memperhatikan 6 hal antara lain: 
1.Keamanan kata sandi
2.Lingkar pertemanan
3.Pilih-pilih data
4.Jangan bertemu langsung sendirian
5.Istirahat online
6.Cari tahu proteksi diri
Pada akhir pemaparan disampaikan pesan bahwa dalam penggunaan gadget harus hati-hati dan niatkan semuanya untuk ibadah.