“Srimi”, Inovasi Pangan Lokal Buatan Warga Sriharjo

Satu lagi inovasi pangan lokal yang patut dicoba saat berkunjung ke Kabupaten Bantul. “Srimi”, sebuah inovasi pangan lokal buatan warga Sriharjo, Imogiri, Bantul menjadi pembuka Program Dinamika Pembangunan oleh Dinas Kominfo di Tahun 2024 ini. Program ini rutin dilakukan oleh Dinas Kominfo Bantul dalam rangka mendukung kemajuan pariwisata maupun UMKM lokal.

Bersama kurang lebih 20 anggota Forum Pewarta Bantul, Dinas Kominfo menyambangi Rumah Produksi dan Toko-Oleh-oleh Khas Sriharjo yang berada di Dusun Mojohuro, Sriharjo, Imogiri, Bantul, Kamis (18/01/20214). Di Rumah Produksi ini, Dinas Kominfo dan Forum Pewarta Bantul diajak untuk melihat proses pembuatan mie Instan “Srimi”, mulai dari pembuatan adonan hingga pengemasan.

Saat diwawancarai, Lurah Sriharjo, Titik Istiyawatun Khasanah, S.IP., inovasi “Srimi ini didukung dan difasilitasi oleh Dinas Koperasi dan UMKM DIY yang sekaligus dalam rangka Hari Peringatan Keistimewaan DIY. Ia menuturkan, pembuatan mie ini berangkat dari idealisme bahwa masyarakat bergantung pada gandum, sehingga masyarakat mencari alternatif lain selain gandum yang ada disekitar kita, yaitu ketela sekaligus memberikan alternatif pangan sehat untuk masyarakat. Dikatakan sehat karena “Srimi” ini terbuat dari tepung mocaf (Modified Cassava Flour) yang dinilai lebih mudah dicerna dan rendah gluten.

“Kedepannya kami masih akan terus berinovasi dan meningkatkan produksi “Srimi” agar kami bisa memenuhi permintaan  pasar sehingga nanti semoga dapat meningkatkan perekonomian warga,” ujar Titik.