Aplikasi eRetribusi Kios Terminal, Digitalisasi Ekosistem Pembayaran Retribusi di Kabupaten Bantul

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul pada hari Selasa (10/05) telah mengadakan Pelatihan Calon Administrator Aplikasi eRetribusi Kios Terminal. Aplikasi eRetribusi Kios Terminal ini dibuat untuk mendukung proses digitalisasi ekosistem pembayaran retiribusi di Kabupaten Bantul yang selama ini masih dilakukan secara manual.

 

Pelatihan yang dilaksanakan pada Selasa siang ini dihadiri oleh Subkoordinator Kelompok Substansi Pengembangan Aplikasi Informatika Diskominfo Bantul Pandega Putra, Kepala Seksi Terminal dan Prasarana Transportasi Dishub Bantul Muktiandri Nugraheni, SE bersama staf dan calon administrator Aplikasi eRetribusi Kios Terminal.

 

 

Selanjutnya pada hari ini Rabu (11/05) diadakan sosialisasi eRetribusi Kios Terminal di Terminal Palbapang. Dalam kesempatan ini Subkoordinator Kelompok Substansi Pengembangan Aplikasi Informatika Diskominfo Bantul menyampaikan tujuan dari Pemerintah Kabupaten Bantul menggunakan aplikasi eRetribusi ini untuk mewujudkan sistem pemerintahan yang akuntable dan transparan. Dengan adanya eRetribusi Kios Terminal ini juga akan mempermudah Dishub Bantul dalam pengelolaannya.

 

Selain itu, dengan adanya eRetribusi Kios Terminal juga akan mempermudah pedagang kios dalam pembayaran sewa kiosnya setiap bulannya, sehingga tidak perlu datang ke kantor Dishub Bantul, tetapi bisa membayar dari mana saja baik via gopay atau datang ke bank BPD terdekat.